STANDART
OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) SATPAM SEBAGAI FRONT OFFICE BANK
Satpam yang merupakan singkatan dari Satuan
Pengamanan, adalah satuan kelompok petugas yang dibentuk oleh
instansi/proyek/badan usaha untuk melakukan keamanan fisik (physical security) dalam
rangka penyelenggaraan keamanan swakarsa di lingkungan kerjanya.
Kepolisian Negara Republik Indonesia menyadari bahwa polisi tidak mungkin bekerja
sendiri dalam mengemban fungsi kepolisian. Oleh karena itu, lembaga satuan
pengamanan secara resmi dibentuk pada 30
Desember 1980 melalui surat keputusan kepala
kepolisian negara.
Keperuntukan keamanan pada umumnya adalah untuk
mengamankan asset, kawasan atau wilayah, suatu intansi atau perusahahan
serta dapat memberikan rasa nyaman bagi intansi tersebut, dalam beraktifitas
dan menjalankan kegiatan sesuai fungsinya masing-masing. Salah satu instansi
yang sangat membutuhkan jasa satpam adalah bank.
Bank adalah tempat dimana
orang menyimpan uang, mengambil uang serta menyimpan benda berharga lainnya,
sehingga kerawanan akan tindakan kriminal seperti pencurian dan perampokan
cukup tinggi. Jika anda membaca atau melihat berita, maka peristiwa kriminal
yang terjadi di bank dan wilayah sekitar bank merupakan hal yang paling sering
terjadi.
Tugas dan tanggung jawab seorang satpam bank pada umumnya
tidak jauh berbeda dengan satpam yang bekerja di tempat yang lain. Akan tetapi
sebenarnya tugas dan tanggung jawab satpam bank cukup besar dan mengandung
resiko yang cukup tinggi.
PENGERTIAN
SATPAM
Satpam /security adalah suatu kelompok petugas yang
dibentuk oleh instansi/badan usaha untuk melaksanakan pengamanan fisik dalam
rangka menyelenggarakan keamanan dilingkungan /kawasan kerjanya. Pengaman fisik
yaitu segala usaha dan kegiatan mencegah/mengatasi timbulnya ancaman dan
gangguan keamanan dan ketertiban dilingkungan instansi terkait secara
fisik melalui kegiatan pengaturan , penjagaan dan perondaan serta kegiatan lain
yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan . Pelaksanaan pengamanan dilakukan
oleh satpamyang dikoordinir langsung oleh chief security yang dibantu oleh
komandan regu dalam melaksanakan tugas pengamanan selama 24 jam dengan kekuatan
personil yang disusun dalam sistem jaga sift.
TUGAS POKOK
SATPAM
Menyelenggarakan
keamanan dan ketertiban dilingkungan kerja Perusahaan Khususnya pengamanan
fisik (physical security).
- Mengawasi seluruh wilayah Bank mulai dari radius lokasi bank sampai dengan pintu masuk dan ruangan dalam bank
- Membuka pintu, menyambut dan memberi salam dengan ramah setiap nasabah yang akan masuk ke dalam bank
- Memeriksa bawaan nasabah jika mencurigakan atau sikap dan tindak-tanduk nasabah mencurigakan
- Menanyakan keperluan nasabah dan memberikan nomor antrian kepada nasabah sesuai dengan keperluan nasabah
- Memberikan petunjuk dan arahan dengan baik jika ada nasabah yang memerlukan pertanyaan dan informasi
SIKAP
LAYANAN SATPAM
Memberikan perlindungan dan memberikan rasa aman
kepada Nasabah selama dilingkungan Bank melalui layanan dengan sikap :
1. SIGAP
Menjaga posisi tubuh selalu Sigap dan Siap selama menjalankan tugas.
2. ANTUSIAS
Selalu antusias menanggapi pertanyaan Nasabah.
3. RAMAH
Selalu berlaku ramah dengan memberikan senyuman kepada Nasabah.
4. SOPAN
Berprilaku sopan dan santun dalam berbicara kepada Nasabah.
5. TANGGAP
Selalu cepat TANGGAP dan mengerti setiap keprluan Nasabah.
6. SIAP
MEMBANTU / MENOLONG
Selalu siap memberikan BANTUAN kepada Nasabah.
PRINSIP LAYANAN
- Senantiasa akan memelihara keselamatan dan keamananan atas segala sesuatu yang dipercayakan masyarakat kepada kami.
- Senantiasa menunjukkan rasa hormat terhadap Nasabah dan sesame karyawan.
- Semua harus berpengetahuan luas dan memahami kebutuhan Nasabah.
- Akan senantiasa bekerja sama denganbaik , penuh semangat dan saling mendukung demi kepuasan pelayanan Nasabah.
- Integritas dan kejujuran akan tercermin dar setiap tindakan Kami.
- Sentuhan pribadi akan menjadi cirri khas di dalam memberikan pelayanan kepada Nasabah.
- Fasilitas kami akan selalu bersih ,nyaman dan menawan bagi setiap Nasabah.
- Akan sentiasa mudah dihubungi kapan saja dan dimana saja.
- Akan selalu memiliki system yang handal ,memberikan pelayanan yang berkualitas dan tepat waktu.
- Akan memiliki proses kerja yang cepat dan memberikan kemudahan bagi Nasabah dalam bertransaksi .
- Kebijakan dan wewenang yang diberikan memungkinkan karyawan dapat menyelesaikan setiap persoalan Nasabah dengan baik.
- TUGAS SATPAM DI LUAR BANK:
· Membantu
informasi transaksi di atm\
· Mendatangi
nasabah dan membantu bertransaksinya
· Mengarahkan
mobil ke tempat parkir yang kosong
· Mengantarkan
payung untuk nasabah jika cuaca sedang hujan
- TUGAS SATPAM DI DALAM BANK:
· Membukakan
pintu ketika nasabah datang
· Memberikan
pertanyaan tentang tujuan nasabah
· Menjelaskan
tentang cara melakukan transaksi kemana tujuanya nasabah
· Mengarahkan
nasabah ke tempat transaksinya..
- TUGAS SATPAM KETIKA NASABAH MENGELUH
· Menanyakan
apa yang menjadi masalah nasabah
· Mengarahkan
kemana nasabah bisa menyelesaikan masalahnya
· Memberikan
nomor antrian kepada nasabah
· Membantu
mengingatkan nasabah ketika mendapat panggilan antrian sebanyak 3x.
Dari uraian tersebut dapat kita ambil kesimpulan bahwa
sekarang ini, satpam tidak hanya bertugas untuk menjaga keamanan saja. Tetapi juga
bertugas sebagai front office yang bisa memberikan informasi yang
dibutuhkan nasabah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Jadikan kepedulian bekerja untuk mendapatkan CITRA POSITIF.