TAGLINE

SEMUA ITU HANYA TINGGAL KENANGAN, SEKARANG HANYA ISTIQOMAH UNTUK MENUJU HUSNUL KHOTIMAH

Senin, 11 April 2016

SOP

STANDART OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) SATPAM SEBAGAI FRONT OFFICE BANK
          Satpam yang merupakan singkatan dari Satuan Pengamanan, adalah satuan kelompok petugas yang dibentuk oleh instansi/proyek/badan usaha untuk melakukan keamanan fisik (physical security) dalam rangka penyelenggaraan keamanan swakarsa di lingkungan kerjanya.
      Kepolisian Negara Republik Indonesia menyadari bahwa polisi tidak mungkin bekerja sendiri dalam mengemban fungsi kepolisian. Oleh karena itu, lembaga satuan pengamanan secara resmi dibentuk pada 30 Desember 1980 melalui surat keputusan kepala kepolisian negara.
          Keperuntukan keamanan  pada umumnya adalah untuk mengamankan asset, kawasan atau wilayah,  suatu intansi atau perusahahan serta dapat memberikan rasa nyaman bagi intansi tersebut, dalam beraktifitas dan menjalankan kegiatan sesuai fungsinya masing-masing. Salah satu instansi yang sangat membutuhkan jasa satpam adalah bank.
         Bank adalah tempat dimana orang menyimpan uang, mengambil uang serta menyimpan benda berharga lainnya, sehingga kerawanan akan tindakan kriminal seperti pencurian dan perampokan cukup tinggi. Jika anda membaca atau melihat berita, maka peristiwa kriminal yang terjadi di bank dan wilayah sekitar bank merupakan hal yang paling sering terjadi.
            Tugas dan tanggung jawab seorang satpam bank pada umumnya tidak jauh berbeda dengan satpam yang bekerja di tempat yang lain. Akan tetapi sebenarnya tugas dan tanggung jawab satpam bank cukup besar dan mengandung resiko yang cukup tinggi.
PENGERTIAN SATPAM 
        Satpam /security adalah suatu kelompok petugas yang dibentuk oleh instansi/badan usaha untuk melaksanakan pengamanan fisik dalam rangka menyelenggarakan keamanan dilingkungan /kawasan kerjanya. Pengaman fisik yaitu segala usaha dan kegiatan mencegah/mengatasi timbulnya ancaman dan gangguan keamanan dan ketertiban dilingkungan  instansi terkait secara fisik melalui kegiatan pengaturan , penjagaan dan perondaan serta kegiatan lain yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan . Pelaksanaan pengamanan dilakukan oleh satpamyang dikoordinir langsung oleh chief security yang dibantu oleh komandan regu dalam melaksanakan tugas pengamanan selama 24 jam dengan kekuatan personil yang disusun dalam sistem jaga sift.
TUGAS POKOK SATPAM
Menyelenggarakan keamanan dan ketertiban dilingkungan kerja Perusahaan Khususnya pengamanan fisik  (physical  security).
  
  Berikut ini adalah tugas dan tanggung jawab satpam yang bekerja di bank : 
  1.  Mengawasi seluruh wilayah Bank mulai dari radius lokasi bank sampai dengan pintu masuk dan ruangan dalam bank 
  2.  Membuka pintu, menyambut dan memberi salam dengan ramah setiap nasabah yang akan masuk ke dalam bank 
  3.  Memeriksa bawaan nasabah jika mencurigakan atau sikap dan tindak-tanduk nasabah mencurigakan 
  4.  Menanyakan keperluan nasabah dan memberikan nomor antrian kepada nasabah sesuai dengan keperluan nasabah 
  5. Memberikan petunjuk dan arahan dengan baik jika ada nasabah yang memerlukan pertanyaan dan informasi
SIKAP LAYANAN SATPAM
         Memberikan perlindungan dan memberikan rasa aman kepada Nasabah selama dilingkungan Bank melalui layanan dengan sikap :
1.     SIGAP
            Menjaga posisi tubuh selalu Sigap dan Siap selama menjalankan tugas.
2.     ANTUSIAS
            Selalu antusias menanggapi pertanyaan Nasabah.
3.     RAMAH
            Selalu berlaku ramah dengan memberikan senyuman kepada Nasabah.
4.     SOPAN
            Berprilaku sopan dan santun dalam berbicara kepada Nasabah.
5.     TANGGAP
            Selalu cepat TANGGAP  dan mengerti setiap keprluan Nasabah.
6.     SIAP MEMBANTU / MENOLONG
            Selalu siap memberikan BANTUAN kepada Nasabah.
PRINSIP LAYANAN
  1. Senantiasa akan memelihara keselamatan dan keamananan atas segala sesuatu yang dipercayakan masyarakat kepada kami. 
  2. Senantiasa menunjukkan rasa hormat terhadap Nasabah dan sesame karyawan. 
  3. Semua harus berpengetahuan luas dan memahami kebutuhan Nasabah. 
  4. Akan senantiasa bekerja sama denganbaik , penuh semangat dan saling mendukung demi kepuasan pelayanan Nasabah. 
  5. Integritas dan kejujuran  akan tercermin dar setiap tindakan Kami. 
  6. Sentuhan pribadi akan menjadi cirri khas di dalam memberikan pelayanan kepada Nasabah. 
  7. Fasilitas kami akan selalu bersih ,nyaman dan menawan bagi setiap Nasabah. 
  8. Akan sentiasa mudah dihubungi kapan saja dan dimana saja. 
  9. Akan selalu memiliki system yang handal ,memberikan pelayanan yang berkualitas dan tepat waktu. 
  10. Akan memiliki proses kerja yang cepat dan memberikan kemudahan bagi Nasabah dalam bertransaksi . 
  11.  Kebijakan dan wewenang yang diberikan memungkinkan karyawan dapat menyelesaikan setiap persoalan Nasabah dengan baik.
  •   TUGAS SATPAM DI LUAR BANK:
·       Membantu informasi transaksi di atm\
·       Mendatangi nasabah dan membantu bertransaksinya
·       Mengarahkan mobil ke tempat parkir yang kosong
·       Mengantarkan payung untuk nasabah jika cuaca sedang hujan
  •  TUGAS SATPAM DI DALAM BANK:
·       Membukakan pintu ketika nasabah datang
·       Memberikan pertanyaan tentang tujuan nasabah
·       Menjelaskan tentang cara melakukan transaksi kemana tujuanya nasabah
·       Mengarahkan nasabah ke tempat transaksinya..
  •   TUGAS SATPAM KETIKA NASABAH MENGELUH
·       Menanyakan apa yang menjadi masalah nasabah
·       Mengarahkan kemana nasabah bisa menyelesaikan masalahnya
·       Memberikan nomor antrian kepada nasabah
·       Membantu mengingatkan nasabah ketika mendapat panggilan antrian sebanyak 3x.
            Dari uraian tersebut dapat kita ambil kesimpulan bahwa sekarang ini, satpam tidak hanya bertugas untuk menjaga keamanan saja. Tetapi juga bertugas sebagai front office yang bisa memberikan informasi yang dibutuhkan nasabah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jadikan kepedulian bekerja untuk mendapatkan CITRA POSITIF.